Cara Produktif Menulis Konten Artikel Web, Nih Paling Ampuh Ala Ratu Eka Bkj! -->

Cara Produktif Menulis Konten Artikel Web, Nih Paling Ampuh Ala Ratu Eka Bkj!

ZuperEka
Monday, November 29, 2021

cara-produktif

Motivator & Penulis_@Ratu Eka Bkj
CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



Bagaimana Cara Produktif dalam menulis konten artikel? Tentunya, menjadi pertanyaan bagi sebagian dari Anda. Khususnya, kalian yang berprofesi sebagai Author dan Publisher website. Apalagi, ketika proses menulis yang Anda lakukan selama ini merasa kurang optimal. Entah faktor internal maupun eksternal yang Anda alami. Bahkan, tidak hanya bagi pemula saja. Justru, para Penulis yang sudah ekspert terkadang rentan merasa kurang produktif. 


Penyebabnya sangat beranekaragam, apalagi di tengah masa pandemi yang lebih banyak work from home. Faktor badmood akibat distraksi, atau gangguan saat menulis. Maupun, karena merasa kurang nyaman dan membosankan. Oleh sebab itu, lingkungan yang support system sangat penting dalam menunjang Cara Produktif menulis. Untuk lebih lengkapnya, langsung cek perspektif Ratu Eka Bkj berikut Guys! 



  1. Cara Produktif Dengan Memiliki Office Untuk Menulis 

Agar kita bisa produktif dalam menulis konten, penting untuk memiliki office. Ini berkaitan dengan kenyamanan saat menuangkan ide-ide penulisan. Terlebih, kantor membentuk lingkungan kerja yang mendukung produktivitas. Mengapa? Karena, tercipta suasana yang formal. Sehingga, membuat kita dapat fokus dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah karya. Alam bawah sadar akan terprogram untuk bersikap lebih profesional. Sebab, berada dalam lingkup orang-orang yang sedang bekerja. Dengan begitu, kita mendapatkan suplai energi positif untuk memproduksi konten yang lebih banyak dan berkualitas. Berbeda saat Anda menulis tanpa memiliki office, dan hanya berkutat di dalam rumah. Tentunya, banyak godaan untuk menunda aktivitas menulis. Entah alasan malas, ingin rebahan, urusan rumah, maupun gangguan-gangguan lainnya. Pasalnya, tidak memenuhi standar lingkungan kerja yang support system.


  1. Cara Produktif Dengan Menentukan Tempat yang Nyaman dan Mendukung

Berikutnya, membangun lingkungan yang nyaman dan mendukung suasana kerja. Ini sangat penting untuk menimbulkan mood yang baik selama Anda menulis. Dengan begitu, Anda lebih banyak menghasilkan inspirasi dan ide brilian. Terlebih, sanggup menunjang produktivitas Anda. Karena, tempat yang menyenangkan dan menenangkan tidak menyebabkan distract yang mengganggu Anda selama berkarya.


  1. Cara Produktif Dengan Mencari Berbagai Inspirasi

Carilah berbagai inspirasi dari segala sudut pandang. Baik berasal dari fenomena terkini, isu yang sedang viral, pengalaman Anda terkait suatu hal, dan lain sebagainya. Ini akan menjadi ide-ide yang menarik untuk ditulis. Anda juga boleh keluar rumah dengan pergi traveling, maupun ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Kemudian, observasi dan analisa berbagai interaksi sosial di sekitar yang Anda temukan. Maupun realitas yang Anda alami selama perjalanan. Nah, itu akan menjadi idea segar yang bisa dijadikan bahan menulis konten. Supaya Anda bisa lebih produktif. 

  

  1. Cara Produktif Dengan Jangan Rebahan

Habit rebahan akan membuat kita nyaman buat bermalas-malasan. Dengan begitu, energi justru akan semakin berkurang. Kalian pun menjadi lesu, lemas, dan berasa tidak semangat untuk beraktivitas. Kalau sudah begitu, tentunya produktivitas terganggu. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengurangi kebiasaan rebahan dan memposisikan diri dalam situasi formal yang lebih menunjang suasana menulis. Buat ruangan kerja khusus, yang didesain secara support system supaya Anda lebih produktif dalam berkarya. 


  1. Cara Produktif Dengan Lakukan Self Talk

Self Talk sangatlah dianjurkan dalam psikologi. Selain menjadi terapi agar lebih memiliki mental yang sehat, pun untuk mengenal diri sendiri. Self Talk merupakan teknik berbicara pada diri sendiri. Semacam Anda melakukan refleksi pribadi. Mendiskusikan pada diri sendiri mengenai apa yang paling membuat kita nyaman dalam menulis. Ide apa yang menarik untuk dibahas dan menjadi kesukaan pada diri kita. Selalu bertanya pada diri sendiri, akan membuat Anda lebih memahami berbagai persoalan dan penanganannya dengan analisa yang matang. Sebagai sarana katarsis, yakni luapan emosi untuk mengurangi beban dan tekanan. Bahkan, untuk melakukan afirmasi dan sugesti yang positif dalam mempengaruhi alam bawah sadar. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan suplai energi untuk lebih produktif. 


  1. Cara Produktif Pakai Fitur Voice Typing di Google Doc

Terus menulis dengan tangan mengetik terkadang membuat kita capek dan kelelahan. Atau, justru merasa bosan karena mengulang-ulang kebiasaan yang sama. Nah, cobalah diselingi dengan teknik baru dalam menulis konten. Caranya, Anda dapat memanfaatkan fitur Voice Typing pada platform Google Doc. Berfungsi, untuk menulis secara instan melalui suara yang Anda dikte kepada bot. Kata-kata akan tertulis sendiri dengan cukup mendengarkan suara Anda. Dengan begitu, beban kerja Anda pun akan berkurang dan bisa lebih produktif. 


  1. Cara Produktif Dengan Peka Terhadap Fenomena dan Pengalaman 

Supaya mendapatkan berbagai value dan data untuk membuat konten, pastikan Anda menjadi orang yang kepo. Artinya, Anda harus dapat peka terhadap perkembangan isu yang sedang trend. Kepekaan terhadap fenomena yang sedang hits dan kemampuan menuangkan pengalaman pribadi kepada publik. Hal itu sangatlah penting diasah oleh seorang Penulis, supaya memiliki bahan dan bekal yang luas dalam produksi konten. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami block writer. Terlebih, produktivitas akan bisa terdorong lebih meningkat. 

 

  1. Cara Produktif Dengan Banyak Membaca yang Tertulis dan Tidak Tertulis

Membaca merupakan aktivitas menyerap informasi dan wawasan ke dalam otak. Bukan hanya membaca yang tertulis seperti buku dan website saja, namun penting pula membaca tidak tertulis seperti fenomena dan pengalaman. Hal ini sangatlah urgen untuk menjadi habit, supaya referensi dan inspirasi Anda luas dalam menuangkan ide menulis konten. 

 

  1. Cara Produktif Dengan Membiasakan Menulis Setiap Hari

Pastikan Anda memiliki kebiasaan menulis setiap hari. Karena, ini akan menjadi rutinitas yang berulang-ulang sehingga masuk ke alam bawah sadar. Dimana akan mempengaruhi output yang bagus, supaya secara spontan terbiasa untuk menulis. Dengan begitu, menulis tidak menjadi beban lagi bagi Anda justru dapat lebih produktif. 


  1. Cara Produktif Dengan Minum Kopi

Minum kopi menjadi salah satu ritual yang bagus untuk seorang Penulis. Karena, aroma kafein bisa membuat kita lebih tenang dan menghasilkan berbagai inspirasi yang fresh. Apalagi, secara ilmiah kafein terbukti sanggup meningkatkan daya kecerdasan dan kemampuan fokus seseorang. Sehingga, ini sangat menunjang Anda dalam menulis konten lebih produktif. Selanjutnya, supaya Anda pun tidak gampang ngantuk namun justru lebih antusias dan berenergi. 


  1. Cara Produktif: Pentingnya Bank Ide

Membuat semacam “Bank Ide” sangatlah penting dalam menunjang produktivitas menulis. Alias, catatan yang mendaftar berbagai ide-ide Anda yang muncul secara spontan. Kemudian, menjadikan berbagai ide tersebut sebagai bahan Anda membuat konten. Namun, harus dijadwalkan secara mengantri terkait kapan Anda menulis tema tersebut. Lalu, tandai dengan warna tertentu setiap Anda sudah menyelesaikan salah satu list niche menjadi artikel.  


  1. Cara Produktif Dengan Menulis Sampai Selesai, Baru Editing dan Evaluasi, Kemudian SEO dan Posting

Supaya lebih produktif dengan hasil yang optimal, maka menulis harus mengikuti prosedur. Dengan alur sebagai berikut: Menulis - Mengedit - SEO dan Posting. Artinya, ketatkan pada diri Anda saat “Menulis” untuk fokus menuangkan pembahasan sampai selesai di paragraf penutup. Jangan hiraukan terlebih dahulu terkait gramatikal selama proses penulisan. Fokus kepada value atau pemaparan saat Anda menulis. Hal ini supaya ide Anda segera diaplikasikan dan tidak terdistraksi. Nah, selanjutnya melakukan proses “Editing”. Disini baru Anda fokus mengedit, memperbaiki terkait gramatikal dan diksi supaya lebih menarik untuk dibaca. Berikutnya, setelah selesai editing Anda menerapkan teknik “SEO” pada konten dan website. Terakhir, Anda sudah bisa “Posting” konten yang ditulis dengan matang.   

 

  1. Menentukan Waktu Paling Cocok Buat Kamu

  2. Minum Air Putih yang Banyak: Minimal 8 Gelas atau 2 Liter Perhari

  3. Membuat Daftar Tema yang Harus Ditulis Perharinya

  4. Mempunyai Tujuan yang Jelas Untuk Memotivasi Diri

  5. Komitmen dan Konsisten

  6. Jangan Menunda, Paksakan

  7. Buat Rutinitas Setiap Hari



Bagaimana Guys, sekarang Anda sudah tahu bukan tips jitu dari Ratu Eka Bkj terkait Cara Produktif sebagai Penulis konten website? Tentunya, menjadi jurus ampuh bagi Anda untuk lebih efisien dalam mencetuskan berbagai karya yang berkualitas dan kuantitas. Artinya, produktivitas menghasilkan konten pun meningkat dan kualitas tetap dijaga. Dengan begitu, profesi Anda sebagai Author dan Publisher dapat mencapai kesuksesan serta kenyamanan. Oke Guys, sekian dari ZuperEka dan terimakasih. Jangan lupa, tinggalkan jejak kalian di kolom komentar untuk saling sharing! Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, pembuatan dan development website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama! 







DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO